Menulis Surat Dinas (Resmi)
Surat dinas adalah surat yang ditunjukkan untuk keperluan dinas atau kelembagaan. Surat ini umumnya dikeluarkan oleh lembaga (instansi) pemerintah atau swasta. Bentuk serta bahasa surat resmi ini terkait oleh ketentuan-ketentuan baku (resmi).
Keterangan :
A. Kepala surat
B. Pembukaan
C. Isi (tubuh) surat
D. Penutup
1. Kepala surat
2. Nomor, lampiran, perihal surat
3. Tanggal
4. Alamat
5. Salam pembuka
6. Isi surat
7. Salam penutup
8. Tanda tangan
9. Nama pengirim
10. Jabatan
11. Tembusan, inisial dan lain-lain.
Untuk menulis surat yang baik, perlu diperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
a. Nama, tempat, dan tanggal pembuatan surat,
b. Alamat yang akan dikirim surat,
c. Isi surat, terdiri atas salam pembuka, isi, dan salam penutup,
d. Nama dan tanda tangan si penulis surat.
Perhatikan contoh berikut ini !
Jakarta, 6 Oktober 2004
Hal: lamaran pekerjaan
Yth. Direktur PT Duta Pratama
Jln. Veteran No. 25
Jakarta
Dengan hormat,
Sehubungan dengan iklan Bapak melalui koran Indonesia Baru, tanggal 2 Oktober 2003 yang lalu, saya:
Nama : Didi Prasetya
Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 28 Oktober 1984
Pendidikan : STM, jurusan mesin
Alamat : Jalan Tebet Barat II A/10 Jakarta
Dengan ini mengajukan lamaran untuk menjadi karyawan pada bengkel Bapak. Sebagai bahan pertimbangan bapak, saya lempira:
a. Foto kopi ijazah, 1 lembar
b. Foto ukuran 4 X 6, 2 lembar
c. Daftar riwayat hidup, 1 lembar
Demikian surat lamaran ini saya ajukan. Atas perhatian Bapak, saya ucapkan terima kasih.
Hormat saya,
Didi Prasetya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar